wawancara

Sabtu, 11 Oktober 2014

tugas sofkill


Sejarah perkembangan komputer dari dulu hingga sekarang


Awal mula kata komputer dipergunakan untuk memvisualisasikan orang yang mempunyai pekerjaan melakukan perhitungan aritmatika. Namun, sekarang ini komputer diartikan kepada sebuah perangkat mesin tersebut.
Dalam pengertian yang paling mendasar, komputer adalah perangkat yang membantu manusia dalam melakukan berbagai macam perhitungan. Dalam hal ini, komputer pertama yaitu sempoa yang digunakan untuk melakukan operasi artimatika dasar. Berikut ini contoh penemuan computer.
A.    Abacus.
Sempoa atau abacus adalah alat kuno untuk perhitungan yang terbuat dari rangka kayu dengan sederetan poros yang berisi manik-manik yang bisa digeser. Alat ini digunakan untuk operasi perhitungan dan muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di cina dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini.

B.     Mesin buatan Charles Babbage.
Banyaknya kesalahan perhitungan dengan manual menginspirasi seorang ilmuan yaitu Charles Babbage untuk menemukan mesin hitung mekanik sehingga dapat mengurangi kesalahan perhitungan. Masalah tersebut kemuadian berkembang hingga menempatkan mesin mekanik. KEmmudian Babbage mendapat inspirasi dari perkembangan mesin hitung yang dikerjakan oleh Wilhem Schickard, Blaise pascal, dan Gottfried Leibniz.

C.     Mesin Analitik (Analitical Engine)
Tidak ada penemuan baru yang dianggap berarti terhadap perkembangan dunia computer. Sampai dengan munculnya ilmuan bernama Howard H.Aiken (1990-1973), seorang insinyur Havard yang bekerja dengan IBM. Berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil.


Sejarah computer mekanik diawali oleh penemuan Blaise Pascal (1623-1662). Pada tahun 1642, yang pada waktu itu Blaise Pascal baru saja berusia 18 tahun, yang ia sebut sebagai kalkulator roda numeric. Pada tahun 1694 seorang saintis metematika dan filosof Jerman, Gottfries Wilhem von Leibniz (1646-1716) menyempurnakan Pascaline dengan membuat maesin yang mampu melakukan oprasi perkalian. Sama seperti pendahulunya alat ini tetap bekerja menggunakan roda gigi.
Dalam sejarah computer juga menyebut nama Charles Xavier Thomas de Colmar ditahun 1820, menciptakan mesin yang memiliki kemampuan melakukan pengoprasian empat fungsi aritmatik dasar. Di tahun 1812, Charles Babbage (1791-1871) seorang professor matematika telah mengakselerasi kemajuan computer dari abad ke 16 seakan-akan jalan di tempat. Ia memajukan piranti ini di bidang hardware dengan menemukan sebuah difference engine yang memungkinkan perhitungan table matematika. Kemudian mesin tersebut dinamakan mesin differensial dengan memakai daya tenaga uap.
Setelah bekerja dengan mesin differensial selama satu decade, kemudian Babbage terinspirasi untuk membuat computer general purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Dalam pembuatan mesin ini, asisten Babbage (1815-1842) mempunyai peran penting karena telah membantu merevisi rencana dan mencari pendanaan dari pemerintah kerajaan inggris. Mesin uap babbage tidak pernah rampung dikerjakan, kelihatan sangat sederhana jika dibandingkan dengan standarisasi mesin sekarang. Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, basic desain dari Analytical Engine mempergunakan Punched Card (berlubang-lubang) yang memuat instruksi operasi bagi mesin itu.
Penggunaan alat prossesing data otomatis oleh the U.S Bureau of Cencus tidak merampungkan sensus dari tahun 1880 sampai di tahun 1888. Herman Hollerith seorang pakar statistic memanfaatkan kepiawaiannya dalam menggunakan punched card untuk sensus di tahun 1890. Dengan pemprosesan punched dan mesin Hollerith, sensus dapat dirampungkan dalam waktu 2,5 tahun. Pada saat itulah dimulainya pemrosesan data secara otomatis yang ditorehkan dalam sejarah perkembangan computer.
Dari awal sejarah computer seperti di awal artikel diatas, dengan ditemukannya abacus sebagai alat hitung sampai memasuki computer generasi pertama sebagai tonggal sejarah computer modern. Perkembangan computer saat ini sudah mencapai generasi kelima.
Selanjutnya kita akan membahas perkembangan computer modern dari generasi ke generasi.
1.      GENERASI PERTAMA
Komputer generasi pertama masih sangat sederhana dan belum kompleks penggunaanya. Komputer generasi pertama belum dapat memperoses masalah-masalah yang rumit. Ukuran komputer generasi pertama sangat besar dan prosesnya pun masih lambat.
komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum (vacuum tube) untuk memproses dan menyimpan data. Tabung vakum berukuran seperti lampu kecil. Tabung vakum cepat panas dan mudah terbakar. Ribuan tabung vakum diperlukan untuk mengoperasi komputer generasi pertama. Komputer generasi pertama murni peralatan elektronik yang berfungsi untuk membantu ilmuwan menyelesaikan masalah perhitungan matematika secaracepat dan tepat. Ukurannya yang besar mirip komputer induk atau komputer utama. Contoh komputer generasi pertama adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator) yang dibuat oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert tahun 1946.
2.    Komputer Generasi kedua
            Komputer generasi kedua menggunakan transistor dan dioda untuk menggantikan tabung vakum walaupun keduanya juga mudah terbakar. Pada komputer generasi kedua, diperkenalkan cara baru untuk menyimpan data, yaitu dengan penyimpanan secara magnetik. Penyimpanan secara magnetik menggunakan besi-besi lunak yang dililit oleh kawat. Kecepatan proses komputer generasi kedua lebih cepat dibandingkan generasi pertama. Awalnya, komputer generasi kedua menggunakan bahasa program tingkat tinggi, seperti Foltran (1954) dan COBOL (1959). Kedua bahasa program itu menggantikan bahasa mesin. Pada generasi in, ukuran komputer lebih kecil. Komputer generasi ini digunakan untuk proses data di bidang perniagaan, universitas, dan militer.Contoh komputer pada generasi kedua adalah DEC PDP-8, IBM 700, dan IBM 7094.

Komputer Generasi kedua ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :\
1.      Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
2.      Kapasitas memori utama sudah lumayan besar
3.      Sirkutinya adalah transistor.
4.      Ukuran fisik komputer lebih kecil dari komputer generasi pertama
5.      Tidak membutuhkan terlalu banyak listrik
6.      berorientasi pada bisnis dan teknik 
7.      Proses operasi sudah cepat

1.      Komputer Generasi III

Pada generasi ketiga inilah teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi ciri utama karena mulai digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang. Komponen IC berbentuk hybrid atau solid (SLT) dan monolithyc (MST). SLT adalah transistor dan diode diletakkan terpisah dalam satu tempat sedangkan MST adalah elemen transistor, diode, dan resistor diletakkan bersama dalam satu chip. MST lebih kesil tetapi mempunyai kemmapuan lebih besar dibanding SLT.

IC dibuat pertama kali oleh Texas Istruments dan Fairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang hanya berisi enam transistor. Bisa kita bandingkan bahwa prosesor saat ini yang kita gunakan telah memiliki jutaan, puluhan, ratusan juta transistor, bahkan telah didesain prosesor dengan miliaran transistor. Sebuah perkembangan yang luar biasa dalam masa kurang dari setengah abad.

Ciri-ciri komputer generasi ketiga adalah:
* Karena menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
* Peningkatan dari sisi software.
* Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).
* Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
* Penggunaan listrik lebih hemat.
* Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.
* Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.
* Harganya semakin murah.
* Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain.

IBM S/360, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 6700, 7700, NCR Century, GE 600, CDC 3000, 6000, dan 7000, PDP-8, dan PDP-11 (pabrik pembuatnya adalah Digital Equipment Corporation) merupakan contoh-contoh komputer generasi ketiga.
4.   Komputer Generasi keempat

            Komputer generasi keempat masih menggunakan IC/chip untuk pengolahan dan penyimpanan data. Komputer generasi ini lebih maju karena di dalamnya terdapat beratus ribu komponen transistor. Proses pembuatan IC komputer generasi ini dinamakan pengintegrasian dalam skala yang sangat besar. Pengolahan data dapat dilakukan dengan lebih cepat atau dalam waktu yang singkat. Media penyimpanan komputer generasi ini lebih besar dibanding generasi sebelumnya. Komputer generasi ini sering disebut komputer mikro. Contohnya adalah PC (Personal Computer). Teknologi IC komputer generasi ini yang membedakan antara komputer mikro dan komputer mini serta main frame. Beberapa teknologi IC pada generasi ini adalah Prosesor 6086, 80286, 80386, 80486, Pentium I, Celeron, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, dan Core to Duo. Generasi ini juga mewujudkan satu kelas komputer yang disebut komputer super.
Komputer generasi keempat memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
·         Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
·         Pada generasi ini komputer sudah memaki Large Scale Integration (LSI)
5.    Generasi Kelima (Sekarang – Masa depan)
       Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, di samping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.
       Pentium-4 diproduksi dengan menggunakan teknologi 0.18 mikron. Dengan bentuk yang semakin kecil mengakibatkan daya, arus dan tegangan panas yang dikeluarkan juga semakin kecil. Dengan processor yang lebih cepat dingin, dapat dihasilkan kecepatan MHz yang lebih tinggi. Kecepatan yang dimiliki adalah 20 kali lebih cepat dari generasi Pentium 3.
       Packard Bell iXtreme 4140i merupakan salah satu PC komputer yang telah menggunakan Pentium-4 sebagai processor dengan kecepatan 1.4 GHz, memory RDRAM 128 MB, Harddisk sebesar 40 GB (1.5 GB digunakan untuk recovery), serta video card GeForce2 MX dengan memory 32 MB. HP Pavilion 9850 juga merupakan PC yang menggunakan Pentium-4 untuk processornya dengan kecepatan 1.4 GHz. PC Pentium-4 Hewllett-Packard ini dating dengan dominan warna hitam dan abu-abu. Dibandingkan dengan PC lainnya, Pavilion merupakan PC Pentium-4 dengan fasilitas terlengkap. Memory yang dimiliki sebesar RDRAM 128 MB, Harddisk 30 GB dengan monitor sebesar 17 inchi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar